Kemenag Gelar Anugerah GTK Madrasah Berprestasi

Kemenag Gelar Anugerah GTK Madrasah Berprestasi

Jakarta – Kementerian Agama menggelar Anugerah Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah Berprestasi tingkat nasional sebagai salah satu bentuk penghargaan yang diberikan kepada mereka yang memiliki dedikasi, kompetensi, kinerja dan prestasi tinggi, khususnya dalam bidang pengembangan profesi peserta didik/ masyarakat, pengembangan satuan pendidikan dan pengembangan profesionalisme yang relevan dengan tugas mereka sebagai guru, keala madrasah, pengawas madrasah, laboran pustakawan pada satuan pendidikan RA dan Madrasah.

Kompetisi ini terbagi atas tiga kategori yakni :

  1. Kategori Guru Madrasah yang meliputi : Guru RA, Guru MI, Guru MTs dan Guru MA/MAK
  2. Kategori Kepala Madrasah yang meliputi : Kepala RA, Kepala MI, Kepala MTs dan Kepala MA/MAK
  3. Kategori Tenaga Kependidikan Madrasah yang meliputi : Pengawas Madrasah, Laboran Madrasah dan Pustakawan Madrasah

Mekanisme pelaksanaan kompetisi ini sebagai berikut :

  1. Kantor Kementerian Agama kabupaten/Kota melakukan penjaringan guru dan tenaga kependidikan pada madrasah di wilayahnya yang memenuhi kriteria yang dipersyaratkan. Guru dan tenaga kependidikan yang terpilih diusulkan kepada Kanwil Kementerian Agama Provinsi beserta dokumen yang diersyaratkan paling lambat tanggal 7 Oktober 2019.
  2. Kanwil Kementerian Agama provinsi melakukan seleksi terhadap calon peserta yang diusulkan dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota dan menetapkan 11 peserta terbaik yang akan diusulkan untuk mengikuti kegiatan tingkat nasional. Peserta yang ditetapkan sebanyak 11 orang yang terdiri dari 4 orang guru madrasah (RA, MI, MTs dan MA), 4 orang kepala madrasah (RA, MI, MTs dan MA), 1 orang pengawas madrasah, 1 orang laboran pada madrasah dan 1 orang pustakawan pada madrasah.
  3. Kantor Wilayah Kementerian Agama provinsi mengajukan peserta bersama dokumen yang dipersyaratkan kepada panitia anugerah guru dan tenaga kependidikan madrasah tahun 2019 paling lambat tanggal 18 oktober 2019.
  4. Pelaksanaan kegiatan melalui 3 tahap yakni : (a) tahap pertama berupa penilaian terhadap dokumen portofolio dan karya tulis, (b) tahap kedua merupakan tahapan verifikasi dan klarifikasi, (c) tahap ketiga adalah grand final yang terdiri dari penilaian terhadap presentasi karya tulis dan wawancara.
  5. Pemenang pertama, kedua, ketiga serta harapan satu dan dua untuk tiap-tiap kategori akan diberi penghargaan berupa sertifikat dan dana pembinaan yang diserahkan pada acara puncak peringatan Hari Guru Nasional Direktorat GTK Madrasah Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama

Untuk informasi lebih lengkap, silahkan mendownload JUKNIS ANUGERAH GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN MADRASAH BERPRESTASI TA. 2019, KLIK DISINI


Leave a Reply