Kemenag Gelar Lomba Inovasi Pembelajaran Guru Madrasah 2019

Kemenag Gelar Lomba Inovasi Pembelajaran Guru Madrasah 2019

Jakarta – Dalam rangka memperingati hari guru Nasional tahun 2019, Direktorat GTK Madrasah Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI menyelenggarakan Lomba Inovasi Pembelajaran bagi Guru Madrasah Tingkat Nasional Tahun 2019. Lomba ini dipandang penting untuk memacu guru-guru madrasah untuk meningkatkan kreatifitas, kompetensi dan prestasi. Selain itu, dapat menggerakkan, menyemangati dan mendorong guru madrasah untuk meningkatkan prestasi dan pada gilirannya berdampak pada kualitas proses dan hasil belajar siswa.

Lomba inovasi pembelajaran ini bersifat perorangan yang dapat diikuti oleh guru madrasah PNS atau Non PNS pada madrasah negeri maupun madrasah swasta pada RA, MI, MTs dan MA serta MAK. Kategori yang diombakan ada 2 yakni Video Pembelajaran di Kelas dan Media Pembelajaran. Adapun ruang lingkup inovasi pembelajaran yang dilombakan terdiri atas 3 bidang yakni 1) Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab; 2) Matematika dan IPA, 3) Sosial dan Humaniora.

Karya lomba inovasi pembelajaran akan dinilai dalam 3 tahapan yakni penilaian tahap 1 oleh Kanwil Kementerian Agama Provinsi untuk memilih 4 karya terbaik pada setiap bidang lomba; pada tahap ke-2, penilaian akan dilakukan terhadap seluruh karya yang dikirimkan oleh Kanwil Kemenag setiap Provinsi oleh dewan juri yang telah ditunjuk. Ditahap ke-2 ini akan memilih karya inovasi pembelajaran terbaik yang akan diundang untuk mengikuti pelaksanaan lomba di tingkat nasional; Selanjutnya pada tahap ke-3, dilakukan penilaian terhadap karya inovasi yang telah lulus seleksi tahap 2 dan dilakukan penilaian terhadap karya inovasi, penulisan laporan inovasi pembelajaran dan presentasi.

Jadwal Lomba :

  • Pengiriman karya inovasi pembelajaran ke kanwil kemenag provinsi paling lambat tanggal 1 November 2019
  • Pengiriman hasil penilaian tahap 1 dari kanwil kemenag provinsi ke Direktorat GTK Madrasah paling lambat tanggal 8 November 2019
  • Pemanggilan peserta untuk penilaian tahap 3 pada tanggal 15 November 2019
  • Penilaian tahap 3 dilaksanakan pada tanggal 21-23 November 2019

Untuk informasi lebih lengkap, silahkan download Petunjuk Teknis pelaksanaan Lomba Inovasi Pembelajaran Guru Madrasah Tahun 2019, KLIK DISINI


Leave a Reply