Kakanwil tekankan 5 Prioritas Kemenag Tahun 2020

Kupang (Sisinfo) : Ada 5 Program prioritas Menteri Agama di Tahun 2020 dan ini harus menjadi point penting dalam pelaksanaan program kerja kementerian agama pusat dan daerah, tegas kakanwil saat menghadiri kegiatan Rapat Kerja Pimpinan Awal Tahun Kanwil Kementerian Agama Provinsi NTT, 6/2.

Lebih lanjut, beliau memaparkan 5 prioritas menteri agama yang disampaikan dalam Rapat Kerja Nasional yang beliau hadiri beberapa waktu lalu antara lain :
1. Pencegahan dan pemberantasan korupsi
2. Peningkatan layanan haji dan umrah
3. Peningkatan kualitas pendidikan agama dan keagamaan
4. Moderasi beragama, termasuk didalamnya adalah upaya deradikalisasi
5. Mewujudkan layanan sertifikasi halal

Dari kelima program prioritas ini, moderasi beragama masih merupakan payung besar yang mewarnai seluruh program prioritas ini. Moderasi beragama menjadi jembatan bagi setiap umat untuk saling berkomunikasi dengan sesama umat beragama atau aliran kepercayaan yang berbeda. Kunci dari moderasi adalah untuk menyatukan perbedaan dalam kepentingan kebangsaan. Jika komunikasi dan saling pengertian terbangun maka akan terhindar dari paham radikalisme juga konflik antar umat beragama. Untuk itu, Menteri Agama mengharapkan agar program moderasi beragama masuk dalam setiap kegiatan dan anggaran belanja barang non operasional, tandasnya.

Rapat kerja pimpinan awal tahun ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan untuk melakukan evaluasi terhadap pencapaian kegiatan dan program serta anggaran pada tahun anggaran 2019 dan juga merumuskan langkah strategis dalam pelaksanaan program, kegiatan dan anggaran pada tahun 2020 ini. Kegiatan yang dilaksanakan di Swiss belinn kristal kupang, 6 – 9 Februari 2020 ini dihadiri oleh 271 orang yang terdiri atas unsur Pejabat eselon III dan IV di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota dan Kepala Madrasah Negeri se-provinsi nusa tenggara timur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.