AKMI dimulai hari ini..

Jakarta – Dalam rangka pemetaan mutu pendidikan dan mengukur kompetensi peserta didik madrasah pada literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains dan literasi sosial bidaya, Kementerian Agama RI melalui Direktorat KSKK Madrasah pada Ditjen Pendidikan Islam menyelenggarakan Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia yang disingkat AKMI. Pelaksanaan AKMI di tahun 2021 ini akan dimulai hari ini tanggal 8 November s.d 20 November 2021 mendatang.

Sasaran pelaksanaan AKMI di tahun 2021 ini adalah seluruh peserta didik yang duduk di bangku kelas 5 (lima) pada jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI) tahun pelajaran 2021/2022. Pelaksanaan AKMI di tahun ini hanya melibatkan 50% dari jumlah MI se-Indonesia baik negeri maupun swasta, sedangkan 50% MI lainnya akan mengikuti AKMI pada tahun 2022 bersamaan dengan pelaksanaan AKMI jenjang MTs dan MA.

Pelaksanaan AKMI menggunakan sistem AKMI berbasis komputer (AKMI-BK) yang dilakukan secara online dan/atau semi online. Madrasah pelaksana AKMI dapat memilih mode online atau semi online sesuai dengan kondisi dan kesiapan masing-masing madrasah. Nantinya, setiap siswa akan mengikuti asesmen selama 2 hari berturut-turut sesuai jadwal per madrasah yang telah ditetapkan, dengan pengaturan sesi yakni hari pertama untuk literasi membaca dan sains dan hari kedua untuk literasi numerasi dan sosial budaya.

Silahkan mendownload SOP pelaksanaan AKMI tahun 2021, KLIK DISINI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.