SNPDB MAN IC, MAN PK, MAKN TP.2024/2024 Dibuka !

Jakarta (Kemenag) ~ Dalam rangka memberikan kesempatan kepada lulusan terbaik MTs/SMP negeri, swasta, Pendidikan Diniyah Formal (PDF), dan Pendidikan Muadalah untuk mendapatkan pendidikan yang bermutu di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia, Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan, dan Madrasah Aliyah Kejuruan Negeri, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam melaksanakan Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia, Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan, dan Madrasah Aliyah Kejuruan Negeri dengan sistem merit yang objektif, transparan, dan akuntabel.

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia merupakan salah satu prototipe madrasah unggulan berbasis asrama di Indonesia. Pendirian MAN Insan Cendekia bertujuan untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi dalam bidang Keimanan dan Ketakwaan (IMTAK), menguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK), mempunyai wawasan keislaman dan kebangsaan yang baik, serta mampu mengaktualisasikannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Sementara itu, Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan (MAN-PK) merupakan salah satu program peminatan unggulan nasional dalam bidang keagamaan berbasis asrama yang menjadi bagian dari MAN Reguler yang sudah ada. Selain itu Madrasah Aliyah Kejuruan Negeri (MAKN) adalah salah satu bentuk satuan pendidikan formal dalam binaan Kementerian Agama yang menyelenggarakan pendidikan kejuruan dengan kekhasan agama Islam pada jenjang pendidikan menengah.

Jalur SNPDB terdiri dari Jalur Tes yaitu seleksi melalui jalur tes berbasis CBT yang diselenggarakan bagi peserta didik terbaik lulusan MTs/SMP negeri, swasta, Pendidikan Diniyah Formal (PDF), dan Pendidikan Muadalah yang memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan. Selain itu terdapat juga Jalur Prestasi, yaitu seleksi melalui jalur non-tes yang diselenggarakan bagi siswa terbaik lulusan MTs/SMP negeri, swasta, Pendidikan Diniyah Formal (PDF), dan Pendidikan Muadalah yang memiliki prestasi nasional.

Dalam SNPDB ini, pendaftar dapat memilih pilihan pada 24 MAN IC, 11 MAN PK dan 2 MAKN yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Pendaftaran Jalur prestasi maupun jalur Tes telah dibuka mulai tanggal 8 Januari s.d 17 Februari 2024. Pelaksanaan Psikotes bagi jalur prestasi akan dilaksanakan pada tanggal 22 Februari 2024 dan pelaksanaan CBT untuk jalur tes akan dilaksanakan pada tanggal 2-3 Maret 2023.

Informasi selengkapnya terkait SNPDB ini dapat dicek pada Portal SNPDB pada laman https://snpdb-madrasah.kemenag.go.id/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *